PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 3 TAPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Article Content

Akhmad Suyono

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 3 Tapung.


Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 3 Tapung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan One Way Annova. Gaya belajar siswa diukur menggunakan angket gaya belajar yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas oleh penelitian terdahulu.  Sedangkan untuk variable hasil belajar menggunakan dokumentasi sekolah.


Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa hal ini ditunjukkan oleh Fhitung 4,812 > Ftable 3,106 pada taraf signifikasi α = 0,05. Uji lanjut menggunakan tukey yang membuktikan bahwa ada pengaruh antara hasil belajar antara visua, auditorial, dan kinestetik yang signifikan. Dari nilai mean Difference membuktikan bahwa gaya belajar kinestetik berpengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar dibandingkan dengan gaya belajar visual, dan auditorial dari hasil Mean Difference yaitu 6,14074.


 


Kata kunci: Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar  Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik, Hasil Belajar Akuntansi

Article Details

How to Cite
SUYONO, Akhmad. PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 3 TAPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. PEKA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-10, july 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1858>. Date accessed: 17 dec. 2018.
Section
Articles