PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SENI RUPA DUA DIMENSI DI KELAS XII MIPA 4 SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Main Article Content

Wiwit Candra Pertiwi

Abstract

Masalah pokok pendidikan di Indonesia saat ini masih berkisar pada soal pemerataan kesempatan, relevansi, kualitas, efisiensi, dan efektivitas pendidikan. Proses belajar merupakan proses yang unik dan kompleks. Setiap manusia mempunyai cara yang khas untuk mengusahakan proses belajar terjadi dalam dirinya. Individu yang berbeda dapat melakukan proses belajar dengan kemampuan yang berbeda dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) memperlakukan setiap peserta didik sesuai dengan perbedaan kemampuannya (aptitude) nya, setiap peserta didik mendapat perhatian yang sesuai dari gurunya sehingga peserta didik dapat belajar lebih optimal. Ciri khusus dari ATI (Aptitude Treatment Interaction) adalah memberikan perlakuan (treatment) yang cocok dengan perbedaan kemampuan (aptitude) peserta didik, yaitu perlakuan (treatments) yang secara optimal dan efektif diterapkan untuk peserta didik yang berbeda tingkat kemampuannya. Kekhasan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terletak pada preposisi yang dikemukakannya, yaitu “optimalisasi prestasi akademik/hasil belajar yang akan diperoleh, bilamana pembelajaran (treatment) cocok dan sesuai (matched) dengan karakteristik kemampuan (aptitude) peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai dari siklus pertama, siklus kedua secara berturut-turut (82,10%) dan (83,36%).


 


Kata Kunci: Model Pembelajaran,  Aptitude Treatment Interaction.

Article Details

How to Cite
PERTIWI, Wiwit Candra. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SENI RUPA DUA DIMENSI DI KELAS XII MIPA 4 SMA NEGERI 2 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 105-112, mar. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1327>. Date accessed: 20 apr. 2018.
Section
Articles