PENGARUH NILAI MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA, PERILAKU BERKARYA DAN PPL TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Main Article Content

Sukarni Sukarni

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung nilai mata kuliah keahlian berkarya,perilaku berkarya danPPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui seberapa besar minat mahasiswa untuk menjadi profesi guru yang didahului dengan hasil belajar dari masing-masing nilai mata kuliah yang dikelompokkan ke dalam mata kuliah keahlian berkarya, mata kuliah perilaku berkarya serta mata kuliah PPL. Adapun penelitian ini dilaksanakan di FKIP UIR hanya pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2012 yang populasinya berjumlah 112 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan angket dan data hasil belajar dari data penilaian akhir dosen. Analisis digunakan yaitu analisis jalur (path analysis) dengan bantuan AMOS versi 22.Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap data penelitian dapat diperoleh bahwa terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan nilai mata kuliah keahlian berkarya terhadap minat menjadi guru melalui nilai mata kuliah PPL sebesar 7,3%, terdapat pengaruh langsung yang signifikan nilai mata kuliah perilaku berkarya terhadap minat menjadi guru sebesar 79%, terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan nilai mata kuliah perilaku berkarya terhadap minat menjadi guru melalui nilai mata kuliah PPL sebesar 12,3% dan terdapat pengaruh langsung yang signifikan nilai mata kuliah PPL terhadap minat menjadi guru sebesar 19,8%.


 


Kata Kunci:Hasil Belajar, Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB), Mata kuliah PPL, Minat menjadi guru.

Article Details

How to Cite
SUKARNI, Sukarni. PENGARUH NILAI MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA, PERILAKU BERKARYA DAN PPL TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM RIAU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 85-95, mar. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1325>. Date accessed: 14 aug. 2018.
Section
Articles