PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN TEKS CERITA SEJARAH DI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Main Article Content

Murniati Murniati

Abstract

Strategi diartikan sebagai pola umum kegiatan guru-peserta didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.Pembelajaran aktif merupakan strategi yang berusaha memperkuat dan memperlancar stimulus dan respon peserta didik dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik.Peserta didik aktif dalam belajar apabila guru berhasil menciptakan suasana belajar menyenangkan, maka memungkinkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Pada proses pembelajaran di sekolah, peserta didik dihadapkan dengan berbagai macam mata pelajaran, salah satunya yaitu mata pelajaran bahasa indonesia. Bahasa indonesia sebagai bagian dari sains berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematis. Seseorang yang mempelajari bahasa indonesia tidak hanya membutuhkan keterampilan saja, tetapi juga diperlukan proses berfikir untuk memahami, menemukan, mengembangkan konsep, teori dan hukum serta pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pokok bahasan teks cerita sejarah merupakan salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran bahasa indonesia SMA kelas XII MIPA/IPS. Pokok bahasan teks cerita sejarah merupakan materi pelajaran yang bersifat pemahaman. Pokok bahasan teks cerita sejarah membutuhkan pemahaman peserta didik, guru sebisa mungkin dapat menyampaikan materinya dengan suasana belajar yang menyenangkan sehingga peserta didik dapat belajar aktif dan mudah dalam memahami materi yang diberikan guru. Strategi pembelajaran aktif Sepak Bola Verbal memanfaatkan kelompok untuk memaksimalkan belajar dan mengaktifkan pembelajaran dikelas. Strategi pembelajaran sepak bola verbal mengambil analogi seperti permainan sepak bola, peserta didik dikelompokkan menjadi dua kelompok belajar besar. Analogi Pembelajaran Sepak Bola Verbal, yaitu keterampilan fisik diganti oleh mental dalam permainan dua babak yang dapat meningkatkan kemampuan afektif peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai dari siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga secara berturut-turut 73,05%, 80,00% dan 85,00%.

Article Details

How to Cite
MURNIATI, Murniati. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN TEKS CERITA SEJARAH DI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 199-206, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1199>. Date accessed: 21 may 2018.
Section
Articles