PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE HOLLYWOOD SQUARE REVIEW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM DAN BASA DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 5 PEKANBARU

Main Article Content

Andri Dirgahayuning

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Square Review pada pokok bahasan larutan asam dan basa di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian dilatarbelakangi oleh masalah yang dirasakan guru dikelasnya yaitu kelas XI IPA 2, masalah yang dihadapi guru adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang rendah juga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Variasi strategi belajar mengajar yang kurang menyebabkan suasana kelas menjadi monoton dan kaku sehingga siswa tidak bersemangat dan kurang termotivasi dalam belajar. Strategi pembelajaran merupakan komponen yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien. Tindakan perbaikan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan memilih strategi belajar yang tepat.
Strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Square Review diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Square Review menerapkan prinsip games yang membawa siswa pada suasana baru yang lebih menyenangkan sehingga membuat siswa lebih bersemangat dan dapat memotivasi siswa dalam belajar. Strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Square Review ini, cara peninjauan ulang terhadap materi yang telah didapat oleh siswa dikemas dengan cara menarik yaitu dibuat dalam serangkaian permainan tic-tac-toe yang diadopsi dari permainan Hollywood Square yang merupakan tayangan kuis TV yang pernah popular. Keaktifan siswa terlihat saat menjawab pertanyaan. Siswa sangat termotivasi untuk membentuk panel tic-tac-toe. panel tic-tac-toe merupakan suatu penguatan, sehingga membuat siswa termotivasi untuk menjawab pertanyaan dengan benar dan tepat. Tujuan dari penelitian adalah sebagai usaha memperbaiki proses pembelajaran kimia di kelas XI IPA 2 SMAN 5 Pekanbaru terutama untuk memperbaiki aktivitas belajar siswa yaitu mengajukan pertanyaan, menyampaikan jawaban/pendapat, berdiskusi dalam kelompok dan antusias terhadap permainan Hollywood Square. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif, dimana peneliti dan guru bekerja sama dalam proses pelaksanaan tindakan perbaikan. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh guru, sedangkan peneliti sebagai pengamat selama proses pembelajaran.
Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Proses analisis data dimulai dengan menelaah data yang dikumpulkan yaitu lembar observasi aktivitas serta data nilai hasil belajar siswa pada akhir siklus. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan tindakan dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 66,07% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,65%. Peningkatan aktivitas belajar siswa menyebabkan hasil belajar siswa juga
PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 5 No 2 Tahun 2017 p- ISSN: 2337-652x | e-ISSN:
2598-3253
189
meningkat. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,29% dan meningkat pada siklus II menjadi 80,95%.

Article Details

How to Cite
DIRGAHAYUNING, Andri. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE HOLLYWOOD SQUARE REVIEW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM DAN BASA DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 5 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 188-198, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1198>. Date accessed: 23 oct. 2018.
Section
Articles