MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN STRATEGI BEACH BALL PADA MATERI NOVEL DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 10 PEKANBARU

Main Article Content

Ermayani Ermayani

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan bagian terpenting dalam lembaga pendidikan formal. Didalamnya harus ada subyek didik dan siswa yang belajar. Keberhasilan suatu pengajaran ditentukan oleh bagaimana proses itu berlangsung. Bahasa Indonesia merupakan cabang Ilmu Bahasa yang khusus mempelajari tentang tata dan gaya bahasa indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia memberikan kontribusi yang penting terhadap perkembangan ilmu-ilmu terapan, seperti pertanian, kesehatan, dan perikanan serta teknologi. Salah satu pokok materi pelajaran bahasa indonesia yang di pelajari di SMA adalah Novel. Salah satu strategi pembelajaran yang diduga mampu melibatkan siswa lebih aktif, lebih bersemangat dan memiliki kesiapan yang lebih tinggi dalam belajar adalah strategi pembelajaran bola pantai (Beach Ball). Strategi pembelajaran bola pantai (Beach Ball) merupakan strategi pembelajaran yang sifatnya bermain sambil belajar sehingga strategi ini dianggap sangat cocok diterapkan pada siswa SMA dalam meningkatkan keaktifan, motivasi, partisipasi dan kesiapan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan peningkatan hasil penelitian dari siklus I, siklus II dan siklus III berturut turut 82,30%, 83,45 % dan 87,55%.

Article Details

How to Cite
ERMAYANI, Ermayani. MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN STRATEGI BEACH BALL PADA MATERI NOVEL DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 10 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 154-160, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1193>. Date accessed: 18 aug. 2018.
Section
Articles