KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMAN 1 SIAK HULU

Main Article Content

Akhmad Suyono

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Siak Hulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Siak Hulu dengan jumlah siswa 74 orang. Terdiri dari 2 kelas, setiap kelasnya terdiri atas 36 orang kelas XI IPS 1dan 38 orang kelas XI IPS 2. Penelitian ini dilakukan 4 kali pertemuan pada masing-masing kelasnya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2016. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan pengambilan data kemudian dilakukan uji homogenitas untuk menentukan kelas sampel, dan terdapat kelas XI IPS 1sebagai kelas Eksperimen  dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol.  Setelah kelas sampel ditentukan maka kelas XI IPS 1diterapkannya perlakuan menggunakan metode Problem Solving sedangkan kelas XI IPS 2menggunakan metode Team Assisted Individualization kemudian dilakukan pengambilan data post tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran mengalami perbedaan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh masing-masing setiap kelasnya, kelas XI IPS 1 83,61 dan XI IPS 2 84,21. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Problem Solving hasil belajarnya rendah dibandingkan hasil belajar dengan menggunakan metode Team Assisted Individualization lebih tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui metode Problem Solving dengan Team Assisted Individualization Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMAN 1 Siak Hulu tidak terdapat perbedaan.

Article Details

How to Cite
SUYONO, Akhmad. KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMAN 1 SIAK HULU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 145-153, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1192>. Date accessed: 23 oct. 2018.
Section
Articles