PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CROOSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP BUKIT RAYA PEKANBARU

Main Article Content

Sri Haryati Oktavia Zakir Has

Abstract

Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Bukit Raya Pekanbaru tergolong masih rendah. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran ekonomi masih menggunakan metode ceramah yang kurang mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu dan juga dibuktikan rendahnya nilai anak-anak dibawah kkm. Pembelajaran  cenderung meminimalkan keterlibatan siswa sehingga guru nampak lebih aktif. Metode yang dapat digunakan agar siswa menjadi aktif dan pembelajaran lebih bermakna, menarik, menyenangkan, meningkatkan aktivitas dan kerja sama siswa adalah dengan menggunakan metode Crossword Puzzle (teka-teki silang).


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Crossword Puzzle (teka-teki silang). Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh terhadap hasil belajar dengan menggunakan metode Crossword Puzzle (teka-teki silang).


Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif pilihan ganda dengan 4 option sebanyak 20 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Bukit Raya Pekanbaru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 57 siswa yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang dan VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28 orang. Dalam pembelajarannya, kelas eksperimen menggunakan metode Crossword Puzzle sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah.


Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data prettest dan posttest.Uji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (Uji t). Berdasarkan hasil pengolahan data akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 86,55 dan kelas kontrol sebesar 75,89. Hasil uji hipotesis uji t menunjukan bahwa nilai sig. 0,00 < 0,05 dan  3,757 > 1,671 berarti ditolak  diterima. Berdasarkan data diatas maka dapat disimpulakan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Crossword Puzzle (teka-teki silang).

Article Details

How to Cite
OKTAVIA, Sri Haryati; HAS, Zakir. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CROOSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP BUKIT RAYA PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 43-57, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1183>. Date accessed: 14 aug. 2018.
Section
Articles