PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA PADA MATERI TEKS ANALYTICAL EXPOSITION KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 14 PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Main Article Content

Artati Arnis

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Kurangnya variasi guru menyampaikan materi dalam kegiatan belajar mengajar. (2) Masih bersifat individual belum mengoptimalkan potensi kerja sama. (3) Masih semata-mata berorientasi pada hasil bukan proses. (4) Masih belum memberdayakan intervensi siswa sebagai subjek belajar. Penelitian ini diharapkan memberi manfaat bagi:(1) Bagi peserta didik lebih mudah untuk memahami dan menguasai materi Bahasa Inggris dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). (2) Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada guru pentingnya penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris. (3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertempat di kelas XI IPS 2 SMAN Negeri 14 Pekanbaru Jl. Tengku Bey / Sei. Mintan I. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan Tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.


Hasil penelitian bahwa pada data awal diketahui bahwa siswa tuntas hanya sebanyak 15 orang siswa dengan persentase sebesar 42.86% sedangkan siswa tidak tuntas sebanyak 20 orang siswa dengan persentase sebesar 57.14%. Dengan rata-rata nilai siswa sebesar 74.49. pada ketuntasan nilai siswa pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas hanya sebanyak 24 orang siswa dengan persentase 85.71%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak11 orang siswa dengan persentase 31.43% dengan rata-rata nilai siswa sebesar 81.94. Dalam hal ini dari jumlah harapan ketuntasan siswa belum tercapai dari jumlah siswa sebanyak 70 % dari jumlah siswa. pada ketuntasan nilai siswa pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas hanya sebanyak 35 orang siswa dengan persentase 100%. Sedangkan siswa tidak ada siswa yang tidak tuntas dengan rata-rata nilai siswa sebesar 89.91. Dalam hal ini dari jumlah harapan ketuntasan siswa telah tercapai dari 70% jumlah siswa sebanyak 35 orang siswa yang dinyatakan tuntas sehingga dalam hal ini tidak perlu dilakukan tindakan kembali pada siklus berikut atau dalam hal ini penelitian yang dilakukan hanya sebayak dua siklus.

Article Details

How to Cite
ARNIS, Artati. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA PADA MATERI TEKS ANALYTICAL EXPOSITION KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 14 PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2015-2016. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 13-29, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1181>. Date accessed: 25 apr. 2018.
Section
Articles