Hubungan Antara Religiusitas dan Kecerdasan Emosional Terhadap Komunikasi Sosial

(STUDI PADA PERILAKU PROSOSIAL MAHASISWA)

Authors

  • Suci Shinta Lestari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Abdurrab
  • Tiara Mustika Witri Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Perilaku Prososial, Religiusitas, Kecerdasan Emosional

Abstract

Perilaku prososial merupakan bentuk perilaku yang muncul dalam kontak sosial sebagai tindakan untuk menolong orang lain tanpa memperdulikan motif-motif si penolong. Religiusitas dan kecerdasan emosional dapat mempengaruhi perilaku prososial pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas, kecerdasan emosional terhadap komunikasi sosial pada perilaku prososial mahasiswa. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa asrama Ma’had Al-Jami’ah UIN SUSKA Riau yang berjumlah 195 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala komunikasi sosial, perilaku prososial, religiusitas, dan kecerdasan emosional. Analisis regresi berganda menunjukkan ada hubungan antara religiusitas dan kecerdasan emosional terhadap komunikasi sosial pada perilaku prososial mahasiswa (F=47,067; p=0,000). Artinya religiusitas dan kecerdasan emosional bersama-sama memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap Komunikasi sosial. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,322 menunjukkan 32,2% religiusitas dan kecerdasan emosional mempengaruhi perilaku prososial. Berdasarkan hasil penelitian maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara religiusitas dan kecerdasan emosional terhadap komunnikais sosial yaitu pada perilaku prososial mahasiswa. Mahasiswa yang menerapkan religiusitas serta memiliki kecerdasan emosional yang positif dalam hidupnya akan mampu berinteraksi dengan baik terhadap orang disekelilingnya dalam bentuk perilaku prososial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, Nurul dan Dian Anggraeni. (2016). Perilaku Prososial Remaja dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islami. Jurnal Pendidikan Islam. Ta’dib, Vol. V, No. 1
Agung, I. M (2016). Modul Pelatihan SPSS. Pekanbaru: Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau.
Ancok, Djamaludin dan Fuad Nashori Suroso. (2008) Psikologi Islami Solusi Islam Atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Andelia, Belinda dan Hasanuddin Noor. (2015). Hubungan Religiusitas dengan Perilaku Prososial pada Relawan KORSA (Korps Relawan Salman ITB). Prosiding Psikologi, Gelombang 2, tahun akademik 2014-2015.
Asih, G. Y dan Pratiwi, M. M. S (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. Vol I, No. 1. Kudus : Universitas Muria Kudus.
Azwar, Sayifuddin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barr, Jason J dan Higgins D’Alessandro (2007). Adolescent Empathy and Prosocial Behavior in the Multidimensional Context of School Cultur. The Journal of Genetic Psychology.
Baron, R. A. dan Byrne. D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2 Edisi Sepuluh. Jakarta : Erlangga.
Charbonneau, Danielle dan Adelheid A. M Nicol (2002). Emotional Inteligence and Prosocial Behaviors in Adolescents. Psychological Report Royal Military College of Canada.
Daradjat, Zakiah. (2010). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Dayakisni dan Hudaniah. (2012). Psikologi Sosial. Malang : UMM Press
Eisenberg, Nancy, dkk (1999). Consistency and Development of Prosocial Dispositions : A Longitudinal Study. Fakulty Publications, department of Psychology.
Faturrochman. (2006). Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta : Penerbit Pinus
Fetzer. (2003). Multidimensional Measurement of Religiousness/ Spirituality for Use in Health Research : A Report of the Fetzer Institute / National Institute on Aging Working Group
Frankl, Victor. E. (2006). Man’s Search for Meaning. Boston : Beacon Press
Ghufron. M. Nur dan Rini Risnawita. S. (2014). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.
Goleman, Daniel. (1998). Working with Emotional Intelligence. Publisher: Bantam Books
Haryati, Tutik Dwi. (2013). Kematangan Emosi, Religiusitas, dan Perilaku Prososial Perawat di Rumah Sakit. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 2 No. 2. Mei 2013.
https://blog.djarumbeasiswaplus.org/galihirawan/2012/04/30/karakter-sang-pemegang-tongkat-estafet-bangsa/. Diakses pada tanggal 4 Desember 2016.
Jalaluddin. (1997). Psikologi Agama. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Jannah, Ema Uzlifatul. (2013). Hubungan antara Self Efficacy dan Kecerdasan Emosional dengan Kemandirian pada Remaja. Jurnal Psikologi Indonesi. Vol. 2. No. 3.
Lensus, Eva. Nuari (2013). Perilaku Prososial pada Mahasiswa. Jurnal fakultas Psikologi Universitas Semarang.
Maghfiroh, Riza Lailul dan I Made Suwanda. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial Siswa di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Vol 05 No 01 Tahun 2017.
Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana.
Muryadi dan Andik Matulessy. (2012). Religiusitas, Kecerdasan Emosi dan Perilaku Prososial Guru. Jurnal Psikologi. Vol 7 No. 2. Agustus 2012.
Muzakkir. (2013). Hubungan Religiusitas dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Angkatan 2009/2010 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Diskursus Islam. Vol. 1 No 3, Desember 2013.
Myers, David. G (2012). Psikologi Social. Jakarta : Salemba Humanika.
Puspitasari, Jayanti. (2015). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Altruistik pada Siswa Siswi Anggota Pramuka. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Retnosari, Cipty. (2014). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Intensi Prososial pada Perawat. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ruhamal, Ikhlaus. (2015). Pengaruh Religiusitas dan Self Efficasy terhadap Stres pada Mahasiswa Psikologi UIN SUSKA Riau. Skripsi UIN SUSKA Riau.
Sabiq, Zamzami dan M. As’ad Djalali. (2012). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamekasan. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 1, No. 2. September 2012.
Saepulloh. Aep. Kecerdasaneq.blogspot.com/2016/02/kecerdasan-emosional-menurut-al-quran.html?m=1
Salovey, Peter., Allison Woolery., Mayer J. D. (2000). Positive Psychology of Emotional Intelligence”. Pdf.
Saputra, Masagus. H. M. (2016). Hubungan Empati dengan Perilaku Prososial pada Mahasiswa. Skripsi Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.
Sears, D. O., Jonathan L. Freedman., dan L. Anne Peplau. (1985). Psikologi Sosial Edisi Ke Lima, Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.
Sears, D.O., Jonathan L. Freedman., dan L. Anne Peplau. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Taylor, Shelley. E., Letitia Anne Peplau., dan David O. Sears. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.
Warisyah, Weni. (2016). Hubungan antara Syukur dan Kecerdasan Emosi dengan SWB pada Remaja. Skripsi Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.
Yunico, Alfin., Lukmawati., dan Midya Botty. (2016). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Altruistuk pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan DIII Perbankan Syariah Angkatan 2013 UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Psikologi Islami. Vol. 2. No. 2.

Downloads

Published

2019-09-19