PERAN HUMAS PT. INDAH KIAT PULP & PAPER DALAM UPAYA MENUMBUHKAN CITRA POSITIF MASYARAKAT DESA TUALANG KABUPATEN SIAK

  • Dyah Pithaloka
  • Abdul Aziz Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
  • Meida Diwan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian tentang Peran Humas PT. Indah Kiat Pulp & Paper Dalam Upaya Menumbuhkan Citra Positif Masyarakat Desa Tualang Kabupaten Siak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Humas PT. Indah Kiat Pulp & Paper Dalam Upaya Menumbuhkan Citra Positif Masyarakat Desa Tualang Kabupaten Siak. Analisis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitattif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa peran Humas PT. Indah Kiat Pulp & Paper Dalam Upaya Menumbuhkan Citra Positif Masyarakat Desa Tualang Kabupaten Siak cukup baik, diharapkan pada humas PT. Indah Kiat Pulp & Paper lebih aktif lagi dalam mengontrol pelaksanaan dari program yang dijalankan hingga selesai, agar program yang dijalankan mencapai target dan sasaran yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

References

Arikunto, Suharsimi.2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta
Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relation. Citra Aditya Bakti: Ban-dung
Bungin, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada: Ja-karta
Cangara, Hafid. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Cornelissem. 2008. Corporate Image Management A Marketing Discipline For The 21st Century, Reed Educational And Professional Publishing Ltd. Worburn
Keith, Butterick.2012. Pengantar Public Relation: Teori Dan Praktik.. Pt Raja Grafindo Persada: Jakarta
Effendy, Onong Uchjana. 1992. Komunikasi dan Modernisasi. Alumni : Bandung
_______2004. Dinamika Komunikasi. Remaja Rosda Karya: Bandung
_______2005. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Remaja Rosda Karya: Bandung
Iriantara, Yosal. 2004. Community Relations Konsep dan Aplikasinya, Simbiosa Rekatama Media: Bandung
Kennedy, J.E. Soemanagara. 2006. Marketing Communication: Taktik dan Strategi. PT. Buana Ilmu Populer: Jakarta
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Me-dia Group: Jakarta
Mansyur, Cholic, M. 2000. Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa. Usaha Nasional: Su-rabaya
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Ban-dung
¬¬ 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif.Remaja Rosda Karya: Bandung
Moore, Frazier. 2005. Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Remaja Rosda Karya: Bandung
Morrison. 2008. Manajemen Public Relation: Strategi Menjadi Humas. Remaja Rosda Karya: Bandung
Muhammad, Arni. 2011. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara: Jakarta
Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relation. Raja Grafindo persada: Jakarta
Putra, Nugrah, I Gusti. 2011. Manajemen Hubungan Masyarakat. Universitas Atmaja-ya Yogjakarta:Yogyakarta
Ruslan, Rosadi. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan komunikasi. Raja Grafindo Persada: Jakarta
2005. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Rajawali Pers: Jakarta
2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Ap-likasi. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
_________ 2011. Etika Kehumasan (Konsepsi dan Aplikasi). PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Sihab, Alwis. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta
Suhandang, Kustadi. 2004. Public Relation Perusahaan. Nusantara: Bandung
Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2004. Dasar-dasar Public Relations. Remaja Rosda Karya: Bandung
Thoha, Miftah. 2003. Manajemen Dalam Kepemimpinan. Raja Grafindo Persada: Ja-karta
Tinambunan, W.E. 2002. Teori-Teori Komunikasi. Swakarya: Jakarta
Umar, Husain. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Wasesa, Silih, Agung. 2005. Strategi Public Relations.Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Widjaja, W. 2010. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Bumi Aksara: Jakarta

Sumber Lain
Dresti Kusuma Sari. 2010. Peran Humas PT. Jamsostek (Persero) Kanwil V Jawa Tengah & DIY Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program CSR Kemitraan dan Bina Lingkungan di Semarang (Jurnal).Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang
Published
2018-12-10
How to Cite
PITHALOKA, Dyah; AZIZ, Abdul; DIWAN, Meida. PERAN HUMAS PT. INDAH KIAT PULP & PAPER DALAM UPAYA MENUMBUHKAN CITRA POSITIF MASYARAKAT DESA TUALANG KABUPATEN SIAK. MEDIUM, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 68-87, dec. 2018. ISSN 2615-1308. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/2415>. Date accessed: 21 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2415.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.