PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MASYARAKAT SADAR WISATA DALAM MEMPROMOSIKAN POTENSI WISATA BARU

  • Nurjanah Nurjanah Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau

Abstract

Perkembangan media baru saat ini juga mempengaruhi perkembangan di bidang pariwisata melalui sebuah konstruksi sosial dalam bentuk baru dari pengembangan pada sektor pariwisata. Media sosial digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, komunikasi, dan promosi. Kegiatan mempromosikan potensi wisata bisa dilakukan dengan mudah oleh masyarakat yang menyadari bahwa daerahnya memiliki potensi pariwisata yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah di Kecamatan Bantan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.


 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempromosikan potensi wisata daerah Kecamatan Bantan dapat berjalan dengan menggunakan berbagai media sosial melalui tahapan yaitu komunikator, pesan, media dan komunikan. Pemanfaatan media sosial banyak ditemui melalui facebook, instagram, whatsApp. Penggunaan media sosial tersebut banyak manfaat dan keuntungan bagi masyarakat dalam mempromosikan potensi wisata baru di daerah yang belum dikenal luas. Manfaatnya antara lain dapat dengan mudah menyebarluaskan informasi daerah wisata, informasi perjalanan, dan dapat menarik perhatian pengguna lainnya yang lebih banyak didukung oleh penggunaan fitur-fitur pemilik media sosial tersebut.

References

Ara, C. S., Paulo, L., Corr. D., Paua, A., Prates, R. O., & Jr, W. M. (2014). It is not just a picture : Revealing some user practices in Instagram.
Bash, E. (2015). Making Strategis in Destination Branding: What is the Online Tourism Promotional Material Saying abaut Portugal? PhD Proposal. 1 (2013), 1-8. http”//doi.org/10.1017/CB09781107415324.004
Fatanti, M. N., & Suyadnya, I. W (2015). Beyond User Gaze: How Instagram Creaes Tourism Destination Brand? Procedia-Social and Behavioral Behavioral Sciences, 211,1089-1095.http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.145
Gohil, N. (2015). Role and Imopact of Social Media in Tourism : A case Study on the Initiatives of Madhya Pradesh State Tourism INTRODUCTION ; REVIEW OF LITERATURE : 5(4), 8-15)
Hasan, A. (2015). Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hiram, T., Winnie, W.P.M., Ernest, C. De R., & Sally, L, Y, C. (2015). Belefs sbout the Use of Instagram: An Exploratory Study
Karyati, T., Mulyani, S., Rachmat, Junarti, & Sunarto. (2007). Pendidikan Lingkungan Budaya jakarta. Jakarta: Ganeca Exacf.
Kurniawati, W. D. Novi. (2015). Pemanfaatan Instagram oleh Komunitas Wisata Grobogan dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daeraha. Komuniti, Vol. VIII, No. 2. P-ISSN: 2087-085X, e-ISSN: 2549-5623
Liu, B. (2016). A Flash of Culinary Tourism: Understanding the Influences of Online Food Photograpghy on People’s Travel Planning Process on Flickers.
Martinez, M. P. L., Berrozpe, T. I., & Lasatre, M. P. (2014). Image-Focused Social Media for a Market Analysis of Tourism Consumption. International Journal of Technology Management, 64 (1), 17. http://doi.org/10.1504/IJTM.2014.059234
Nurjanah. (2017) PR Destination: Wisata Religi Masjig Agung Madani Islamic Center (MAMIC) Pasir Pengaraian dalam buku Penguatan Komunikasi dalam Industri Pariwisata, Budaya & Ekonomi Kreatif :ASPIKOM Wilayah Riau
Nurudin. 2017. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawagrafindo Persada
Oktavia, M. L. (2015) Pengantar Pemasaran Pariwisata. bandung: Alfabeta. Sciences, T. (2008). Web 2.0: A Study of Online Travel Community, 70-81. Retrieved from http://dblp.uni-trier.de/db/conf/enter2008.html#chungB08
Ritonga M. J. (2005) Tipologi Pesan Persuasif, Jakarta: Indeks.
Wang, Y., Yu, Q., & Fesenmaier, D. R. (2002). Defining the Virtual Tourist Community: Implications for Tourism Marketing. Tourism Management, 23 (4), 407-417. http://doi.org/10/1016/S0261-5177(1)00093-0
Warschauer, M. 2001. Online Communication. In Carter R and D. Nunan. Thr Cambridge guide to teaching Engglish to Speakers of other Language Cambridge Universuty Press.
Winangsih, Nina. 2010. Pariwisata di Indonesia. Bandung. News Publishing
Published
2018-12-10
How to Cite
NURJANAH, Nurjanah. PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MASYARAKAT SADAR WISATA DALAM MEMPROMOSIKAN POTENSI WISATA BARU. MEDIUM, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 39-50, dec. 2018. ISSN 2615-1308. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/2412>. Date accessed: 21 mar. 2019. doi: https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2412.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.