KOMUNIKASI PEMASARAN PT MUSTIKA RATU CABANG PEKANBARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR

  • Dicky Novaldy Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
  • Dyah Pithaloka Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran PT Mustika Ratu Cabang Pekanbaru dalam menghadapi persaingan pasar kosmetik.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang. Subjek utama dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menganalisa hasil penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah pertama PT Mustika Ratu Cabang Pekanbaru dalam menghadapi persaingan pasar kosmetik adalah dengan menggunakan segmentasi, targeting, positioning. Setelah itu, PT Mustika Ratu Cabang Pekanbaru menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu atau yang dikenal dengan sebutan Integrated Marketing Communication (IMC) yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, personal selling, direct marketing, publisitas dan hubungan masyarakat, serta acara dan pengalaman komunikasi pemasaran PT Mustika Ratu Cabang Pekanbaru. Faktor yang mempengaruhi kegiatan komunikasi pemasaran PT Mustika Ratu Cabang Pekanbaru yakni periklanan di televisi yang kurang, kurangnya karyawan, pemberian sampel yang kurang, dan macetnya pendistribusian produk ke toko.

Published
2017-12-19
How to Cite
NOVALDY, Dicky; PITHALOKA, Dyah. KOMUNIKASI PEMASARAN PT MUSTIKA RATU CABANG PEKANBARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR. MEDIUM, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 67-77, dec. 2017. ISSN 2303-0194. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/1088>. Date accessed: 27 apr. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.