REPRESENTASI NILAI ISLAM PADA IKLAN BNI SYARIAH “HASANAH TITIK!”

(STUDI ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

Authors

  • Cutra Aslinda Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
  • Maldo Maldo Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1087

Keywords:

Representasi nilai Islam, Iklan BNI Syariah, Hasanah Titik!, Semiotika

Abstract

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. Iklan ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu merek atau produk. Namun, pada dasarnya setiap masyarakat yang melihat sebuah iklan memiliki sebuah pemaknaan yang berbeda satu sama lain. Bahkan, pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat iklan akan diterima berbeda bagi siapa saja yang melihatnya berdasarkan pada latar belakang budaya masyarakat tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi dan makna nilai-nilai Islam yang terdapat pada iklan BNI Syariah “Hasanah Titik!”. Metodologi  yang digunakan adalah  motodologi kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah representasi nilai-nilai Islam yang terdiri dari nilai-nilai akidah, nilai-nilai ibadah dan nilai akhlak tergambarkan pada iklan BNI Syariah “Hasanah Titik!”.

 

Kata kunci: , Iklan BNI Syariah “”, .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-19