STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE DIET KANTONG PLASTIK OLEH GIDKP DI INDONESIA

Authors

  • Hayatullah Kurniadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Abdurrab
  • Mohamad Hizasalasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1085

Keywords:

Strategi Komunikasi, Kampanye, Diet Kantong Plastik

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi yang dilakukan oleh GIDKP dalam kampanye Diet Kantong Plastik. Komunikasi menjadi bagian yang sangat vital dalam melaksanakan kampanye Diet Kantong Plastik. Siklus penggunaan kantong plastik di tengah masyarakat semakin hari semakin cepat dan mayoritas tidak bertanggung jawab. Kantong plastik yang menumpuk dan menjadi sampah tentu menjadi penyebab kerusakan lingkungan dan permasalahan kesehatan. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap unsur dalam komunikasi yang meliputi komunikator, pesan, media, komunikan dan efek sangat penting dalam usaha menyadarkan masyarakat untuk bijak menggunakan plastik. Strategi komunikasi melebur di dalam pendekatan regulasi/ advokasi, edukasi dan fasilitasi yang menjadi titik poin kampanye GIDKP. Perhatian penting pada setiap unsur komunikasi direncanakan dengan pertimbangan-pertimbangan yang saling menunjang dan dimiliki oleh GIDKP.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-19