STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE DIET KANTONG PLASTIK OLEH GIDKP DI INDONESIA

  • Hayatullah Kurniadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Abdurrab
  • Mohamad Hizasalasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Abdurrab

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi yang dilakukan oleh GIDKP dalam kampanye Diet Kantong Plastik. Komunikasi menjadi bagian yang sangat vital dalam melaksanakan kampanye Diet Kantong Plastik. Siklus penggunaan kantong plastik di tengah masyarakat semakin hari semakin cepat dan mayoritas tidak bertanggung jawab. Kantong plastik yang menumpuk dan menjadi sampah tentu menjadi penyebab kerusakan lingkungan dan permasalahan kesehatan. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap unsur dalam komunikasi yang meliputi komunikator, pesan, media, komunikan dan efek sangat penting dalam usaha menyadarkan masyarakat untuk bijak menggunakan plastik. Strategi komunikasi melebur di dalam pendekatan regulasi/ advokasi, edukasi dan fasilitasi yang menjadi titik poin kampanye GIDKP. Perhatian penting pada setiap unsur komunikasi direncanakan dengan pertimbangan-pertimbangan yang saling menunjang dan dimiliki oleh GIDKP.

Published
2017-12-19
How to Cite
KURNIADI, Hayatullah; HIZASALASI, Mohamad. STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE DIET KANTONG PLASTIK OLEH GIDKP DI INDONESIA. MEDIUM, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 21-31, dec. 2017. ISSN 2303-0194. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/1085>. Date accessed: 18 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1085.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.