FENOMENA NOMOPHOBIA DI KALANGAN MAHASISWA

(STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF MAHASISWA UNIVERITAS RAU)

  • Umi Dasiroh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Riau
  • Siti Miswatun Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Riau
  • Yudi Fasrah Ilahi Program Studi Ilmu Hukum Fakultas hukum
  • Nurjannah Nurjannah Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Riau

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Karakteristik subjek penelitian meliputi mahasiswa yang diduga terindikasi Nomophobia. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam sebagai metode utama, observasi dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Semua sumber data kemudian dianalasis secara kualitatif dan ditriangulasikan untuk menggambarkan Fenomena Nomophobia Dikalangan Mahasiswa dan Motif Penggunaan Gadget pada Mahasiswa Universitas Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Universitas Riau adalah Perguruan Tinggi Negeri dengan jumlah mahasiswa terbesar serta Perguruan Tinggi Negeri dengan pengguna internet terbesar di Provinsi Riau. Mahasiswa yang menjadi elemen penting bagi dunia kampus kini juga merasakan efek dari kemudahan pengaksesan internet tersebut. Adapun motif penggunaan Gadget pada mahasiswa meliputi Motif Bisnis, Sosialita, Informasi, Edukasi dan Motif Hiburan. Motif inilah yang mendorong mahasiswa menggunakan Handphone dan menjadikannya Nomophobia.

Published
2017-12-19
How to Cite
DASIROH, Umi et al. FENOMENA NOMOPHOBIA DI KALANGAN MAHASISWA. MEDIUM, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-10, dec. 2017. ISSN 2303-0194. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/1080>. Date accessed: 17 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1080.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.