PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR STUT SENAM LANTAI

gaya mengajar, motivasi belajar, hasil belajar stut senam lantai

  • Fegie Rizkia Mulyana Universitas Siliwangi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruhnya gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar stut senam lantai mahasiswa PJKR Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. Teknik analisis menggunakan analisis variansi (ANAVA) dua jalur, dilanjutkan dengan Uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Diperoleh :(1) Secara keseluruhan hasil belajar stut yang diajar dengan gaya mengajar komando lebih baik daripada yang diajar dengan gaya mengajar latihan (Fo = 20,7353 > Ft  = 4,11); (2) terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar stut, Fo = 6,5253 > Ft = 4,11. (3) bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajar stut yang diajar dengan gaya mengajar komando lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan gaya mengajar latihan (qo = 3,100 > qt = 3,63) ; (4) bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah hasil belajar stut yang diajar dengan gaya mengajar komando lebih baik daripada yang diajar dengan gaya mengajar latihan (q0 = 14,22 < qt = 3,63). Diharapkan kepada seluruh dosen dan guru dalam memberikan pembelajaran olahraga khususnya matakuliah senam lantai lebih baik menggunakan gaya mengajar komando.

Published
2017-06-01
How to Cite
MULYANA, Fegie Rizkia. PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR STUT SENAM LANTAI. JOURNAL SPORT AREA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7-17, june 2017. ISSN 2528-584X. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/JSP/article/view/454>. Date accessed: 21 nov. 2017.
Section
Articles