Augmented Reality Bangunan Bersejarah Berbasis Android (Studi Kasus : Istana Siak Sri Indrapura)

Authors

  • Ause Labellapansa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau
  • Mega Restu Asrining Ratri Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2017.vol1(2).676

Abstract

Istana Siak Sri Indrapura merupakan salah satu bangunan peninggalan bersejarah yang ada di Riau yang biasa dikenal sebagai Istana Siak . Minat masyarakat terhadap bangunan bersejarah bisa saja semakin berkurang dikarenakan kurangnya informasi yang diperoleh. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan semakin berkurang pula pengetahuan generasi yang akan datang terhadap sejarah yang ada di negeri sendiri. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan komputer melalui pembuatan aplikasi Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual. Aplikasi dengan AR ini digunakan untuk Istana Siak Sri Indrapura berbasis android sehingga dapat menarik minat masyarakat serta mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang Istana Siak. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengarahkan kamera aplikasi ke marker yang telah tersedia sehingga menampilkan objek 3D. Marker yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga buah yang menampilkan Istana Siak, Istana Siak lantai satu, dan Istana Siak lantai dua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Roedavan, Rickman., 2014, Unity Tutorial Game Engine, Informatika, Bandung.
[2] Enterprise, Jubilee., 2015, Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android, PT Ele Media Komputindo, Jakarta.
[3] Bintarto,Sandyarjo., 2013, Perancangan Aplikasi Pengenalan Beberapa Bagian Candi Borobudur Berbasis Augmented Reality, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[4] Chandra,Handi., 2013, 7 Jam Belajar Interaktif SketchUp 2013 Untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang.
[5] Roedavan, Rickman., 2014, Unity Tutorial Game Engine, Informatika, Bandung.
[6] Bintarto Sandyarjo., 2013, ”Perancangan Aplikasi Pengenalan Beberapa Bagian Candi Borobudur Berbasis Augmented Reality, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[7] Setiawan, Abas., Haryanto, Hanny., Wijayanti, Sari., 2012, Aplikasi Augmented Reality,Sebagai Promosi Bangunan Bersejarah di Kota Semarang.

Downloads

Published

2017-08-30

How to Cite

Labellapansa, A., & Asrining Ratri, M. R. (2017). Augmented Reality Bangunan Bersejarah Berbasis Android (Studi Kasus : Istana Siak Sri Indrapura). IT Journal Research and Development, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.25299/itjrd.2017.vol1(2).676

Issue

Section

Articles