Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi

Authors

  • Elgamar Syam Universitas Islam Kuantan Singingi

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol2(2).1220

Keywords:

Sistem Informasi Manajamen, SDLC, Akademik

Abstract

Pembangunan sistem informasi dan manajemen pada perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan semakin tingginya kebutuhan dan komplitnya atribut dari setiap komponen yang berkaitan dengan urusan akademik di perguruan tinggi. Mahasiswa dan Dosen merupakan data primer dalam akademik. Oleh sebab itu, perlu manajemen data dan tata kelola yang baik agar penyampaian informasi menjadi akurat, transparansi, akuntabilitas dan up to date. Melalui perancangan dan pembangunan sistem informasi manajemen data mahasiswa dan dosen dengan menerapkan model SDLC (Software Development Life Cycle), sehingga menghasilkan sistem yang mampu menggantikan atau memperbaiki sistem yang lama. Sistem informasi ini tentunya dapat memberikan gambaran dan perumusan pada pimpinan dalam penerapan kebijakan-kebijakan terhadap mahasiswa dan dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Aswati, N. Mulyani, Y. Siagian, and A. Z. Syah, “Peranan Sistem Informasi Dalam Perguruan Tinggi,” URTEKSI-Royal-Edisi2, 2015.

E. Indrayani, “Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” J. Penelit. Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 51–67, 2011.

Y. Arta, “Implementasi Intrusion Detection System Pada Rule Based System Menggunakan Sniffer Mode Pada Jaringan Lokal,” Inf. Technol. J. Res. Dev., vol.2, no. 1, pp. 43–50, 2017.

Jogiyanto, 2008. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Downloads

Published

2018-03-29

How to Cite

Syam, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi. IT Journal Research and Development, 2(2), 45–51. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol2(2).1220

Issue

Section

Articles