Arsitektur Informasi Untuk Electronic Bidding

  • Panji Rachmat Setiawan Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau

Abstract

Ada beberapa perusahaan yang bergerak pada bidang Barang dan Jasa. Bisnis yang ditawarkan seperti mulai dari konstruksi, spesialis tower, perdagangan umum, spesialis kompresor udara dan pengering udara, spesialis genset, spesialis pendingin, spesialis boiler, pemasangan pipa, komisioner mesin industri, serta pelayanan provider telekomunikasi. Dengan banyak nya kegiatan bisnis yang ditawarkan, para perusahaan berusaha menjalin kerjasama yang sehat dengan para mitra usaha mereka agar dapat menempatkan kepuasan mitra usaha sebagai prioritas utama. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para calon pelanggan, maka tools terbaik bagi perusahaan dalam menawarkan barang dan jasanya adalah dengan menggunakan electronic bidding. Supaya tujuan dapat tercapai, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan value chain analysis untuk memetakan setiap aktivitas bisnis yang ada. Lalu pada aktivitas bisnis yang telah dipetakan, dilakukanlah perancangan arsitektur informasi TOGAF dan Zachmann Framework. Langkah berikutnya adalah membuat prototype untuk yang kemudian dilanjutkan perhitungan Business Process Improvement pada ruang lingkup yang ditentukan.

References

[1] Avlonitis, G., & Karayanni, D., 2000, The Impact of Internet Use on Business-to-Business Marketing, Journal of Industrial Management 2000, 29:441-59.
[2] Blackmond, D.A., 2000, Where The Money Is, Wall Street Journal, 30-32.
[3] Richard J. Palmer, 2002, Moving Procurement Systems to the Internet: The Adoption nad Use of E-Procurement Technology Models, Oling Business School, http://www.olin.wustl.edu/workingpapers/pdf/2002-04001.pdf, diakses tanggal 10 September 2007
[4] Ritchi, Hamzah, 2008, Arsitektur Informasi Untuk E-Procurement Persediaan Maintenance, Repair And Operation Berbasis TOGAF dan Zachman, Diktat, Jurusan Akuntansi dan Sistem Informasi Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran, Bandung
[5] Harrison, Rachel., 2009, TOGAF Version 9 Foundation Study Guide, Van Haren Publishing, Zaltbommel
[6] Lichtenthal, J.D., & Eliaz, S., 2003, Internet Integration in Business Marketing Tactics, Journal of Industrial Marketing Management, vol. 32, p. 3-13
[7] Nucifora, A, 2000, The Authentic Online Opportunity: B2B Is What You Really Want To Be?, Houston Business Journal, vol. 31, p. 41
[8] Oestereich, B., 2002, Developing Software With UML Object-Oriented Analysis And Design In Practice : 2nd Edition, Addison-Wesley, England
[9] Page, Susan, 2010, The Power Of Business Process Improvement: 10 Simple Steps to Increase Effectiveness, Efficiency, and Adaptability, AMACOM, New York
[10] Porter, M.E., 2008, Competitive Advantage: Techniques For Analyzing Industries And Competitors, The Free Press, New York
[11] Phan, D. D., 2003, E-Business Development For Competitive Advantages: A Case Study, Journal Of Information & Management, vol. 40, p. 581-590
[12] Walsh & Godfrey, 2000, The Internet: A New Era In Customer Service, European Management Journal, Vol. 18, p. 85-92
[13] Webb, K. L., 2002, Managing Channels Of Distribution In The Age Of Electronic A Commerce, Journal Of Industrial Marketing Management, vol. 31, p. 95-102
[14] Whiteley, D., 2000, E-Commerce-Strategy, Technologies, And Applications, International Edition, McGraw-Hill, Singapore
[15] Y. Arta, E. A. Kadir, and D. Suryani, “KNOPPIX: Parallel computer design and results comparison speed analysis used AMDAHL theory,” in Information and Communication Technology (ICoICT), 2016 4th International Conference on, 2016,
pp. 1–5.
Published
2017-11-25
How to Cite
SETIAWAN, Panji Rachmat. Arsitektur Informasi Untuk Electronic Bidding. IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 19 - 31, nov. 2017. ISSN 2528-4053. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/ITJRD/article/view/977>. Date accessed: 23 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.25299/itjrd.2017.vol2(1).977.
Section
Articles