Mesin Penerjemah Interaktif Dengan Animasi 3D Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3439Keywords:
Mesin Penerjemah, Augmented Reality, ChatbotAbstract
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi universal, karenanya tanpa kemampuan bahasa Inggris seorang akan mengalami kesulitan berkomunikasi secara baik dan benar pada ruang lingkup internasional. Penelitian ini mengembangkan aplikasi mesin penerjemah berbasis augmented reality yang dapat memberikan edukasi kepada siswa dengan media yang berbeda agar meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini menggunakan library vuforia sdk yang mampu menampilkan karakter 3 dimensi dengan teknik markerless dalam bentuk augmented reality. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone dengan sistem operasi android, berdasar hasil pengujian terhadap aplikasi didapat kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat menampilkan karakter 3 dimensi pada cahaya yang redup dengan intensitas cahaya 28 lux pada jarak 10cm-60 cm dan sudut penglihatan 10°-90°, setelah dilakukan peninjauan terhadap aplikasi 99% koresponden menyatakan aplikasi ini baik, maka aplikasi ini dapat membantu siswa mempelajari kembali bahasa Inggris selain disekolah.
Downloads
References
Dewantara, I Made Adi Yoga., dkk, 2014, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Augmented Reality Book Pengenalan Gerakan Dasar Tari Bali, vol 3
Dikdok., 2017, Naikan Kemampuan Google Translate Hadirkan Neural Machine Translation Untuk Banyak Bahasa, Jurnal Apps, https://jurnalapps.co.id/naikkan-kemampuan-google-translate-hadirkan-neural-machine-translation-untuk-banyak-bahasa-11334,12 Desember 2018
Hansel Tanu wijaya., 2009, Penerjemahan Dokumen Inggris-Indonesia Menggunakan Mesin Penerjemah Statistik Dengan Word Reordering Dan Phrase Reordering, Skripsi, Fasilkom UI, Depok.
Ilham Efendi., 2014, Pengertian Augmented Reality(AR), IT Jurnal, https://www.it-jurnal.com/pengertian-augmented-realityar/, 17 April 2017
Ishida, Toru., Murakami, Yohei., Lin, Donghui., Nakaguchi, Takao dan Otani, Masayuki., 2018, Language Service Infrastructure on the Web: The Language Grid, InstituteofElectricalandElectronicsEngineers, Vol.51
Kurniawan, Didik., Irawati, Anie Rose., dan Yuliyanto, Ardi., 2014, Implementasi Teknologi Markerless Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Gedung-Gedung di Fmipa Universitas Lampung, Jurnal Koputasi, Vol.2
Mariani., Tolle, Herman., dan Ananta, Mahardeka Tri., 2017, Pengembangan Aplikasi Respon Sms Dan Panggilan Telepon Menggunakan Android Text To Speech Dan Proximity Sensor Bagi Pengemudi Mobil, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, Vol.1
Maulida, Hidya., 2017, Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Translate Sebagai Media Menerjemahkan Materi Berbahasa Inggris, Jurnal Saintekom, Vol.7
Nasution, Arbi Haza., Murakami, Yohei., dan Ishida, Toru., 2017, A Generalized Constraint Approach to Bilingual Dictionary Induction for Low-Resource Language Families, ACM Trans. Asian Low-Resour. Lang. Inf. Process, Vol.17
Nasution, Arbi Haza., Safitri, Nesi., Setiawan, Panji Rachmat., dan Suryani, des., 2017, Pivot-Based Hybrid Machine Translation to Support Multilingual Communication, Department of Information Technology, Vol.22
Nasution, Arbi Haza., 2018, Pivot-Based Hybrid Machine Translation To Support Multilingual Communication For Closely Related Languages, World Transactionson Engineering and Technology Education, Vol.16
Nugroho, Adi., 2005, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.
Pamoedji, Andre Kurniawan., Maryuni., dan Sanjaya, Ridwan., 2017, Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D, Kompas Gramedia
Pangestika, Galih Vidia., Wikusna, Wawa., Hermansyah, Aris., 2017, Aplikasi Pembelajaran Bahasa InggrisUntuk Murid Sekolah Dasar Berbasis Android, e-Proceeding Of Applied Science, Vol.3
Saputra, Yoga Aprillion., 2014, Implementasi Augmented Reality (Ar) Pada FosilPurbakala Di Museum Geologi Bandung, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, Vol.1
Yamin, Muhammad., 2017, Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Ditingkat Dasar, Jurnal Pesona Dasar, vol.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This is an open access journal which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. The copyright in the text of individual articles (including research articles, opinion articles, and abstracts) is the property of their respective authors, subject to a Creative Commons CC-BY-SA licence granted to all others. ITJRD allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allows the author to retain publishing rights without restrictions.