Absensi Online Untuk Ruang Kelas Berbasis Cloud Computing

Authors

  • Sri Listia Rosa Universitas Islam Riau
  • Evizal Abdul Kadir Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3363

Abstract

Kehadiran mahasiswa di dalam kelas adalah salah satu representasi penilaian diakhir kelas atau perkuliahan, beberapa mahasiswa menitipkan absen atau kehadirannya karena masih menggunakan sistem manual dengan tanda tangan di absen kehadiran. Selain itu, penggunaan sistem kehadiran secara manual kurang efektif karena sangat mudah di palsukan dan banyak adminsitrasi yang harus dilakukan, ditambah lagi penggunaan kertas yang lebih banyak. Penelitian ini membahas tentang sistem absensi otomatis secara online untuk mahamahasiswa dan dosen, di mana setiap mahamahasiswa sebelum masuk ke ruang kelas harus menempelkan kartu tanda mahamahasiswa mereka pada pembaca RFID dan sebelum keluar perlu menempelkan juga untuk bukti keluar. Toleransi waktu masuk dan keluar ditetapkan berdasarkan jadwal yang sudah diatur oleh Universitas, begitu juga untuk karyawan dan dosen, mirip dengan sistem untuk mahamahasiswa sebelum masuk kuliah setiap dosen harus menempelkan kartunya sebagai bukti masuk ke kelas dan juga untuk absen keluar. Data kehadiran mahamahasiswa dan dosen dengan nomor ruang kelas yang sudah diatur dikirim ke database untuk rekaman kehadiran mahamahasiswa dan juga pembayaran honorarium untuk dosen yang masuk. Rancangan sistem diuji di ruang kelas pada Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau dengan jumlah mahasiswa sekitar 40 orang per kelas. Data yang dikumpulkan oleh pembaca RFID diteruskan ke server yang dikendalikan oleh teknologi informasi Universitas dan terhubung ke sistem penggajian di bagian keuangan. Sistem ini memberikan efektivitas dan efisiensi dalam administrasi, hasil dari pelaksanaan sistem ini maka tidak ada lagi pelaporan secara manual oleh petugas, sehingga dapat meringankan pekerjaaan karyawan untuk pencatatan kehadiran dosen di akhir bulan untuk pembayaran honorarium. Kelebihan lain dari sistem ini, dan juga mahamahasiswa dan dosen tidak dapat lagi meitipkan absensi kehadiran mereka dalam proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. A. M. Noor, N. Zaini, M. F. A. Latip, and N. Hamzah, "Android-based attendance management system," in 2015 IEEE Conference on Systems, Process and Control (ICSPC), 2015, pp. 118-122.

Evizal, T. A. Rahman, and S. K. A. A. Rahim, "Active RFID Technology for Asset Tracking and Management System," TELKOMNIKA, vol. 11, no. 1, pp. 137-146, 2013.

E. Varadharajan, R. Dharani, S. Jeevitha, B. Kavinmathi, and S. Hemalatha, "Automatic attendance management system using face detection," in 2016 Online International Conference on Green Engineering and Technologies (IC-GET), 2016, pp. 1-3.

S. Xiao, W. Liang, and Y. Tang, "Classroom Attention Restoration Using Computer Game Rewarding Mechanism," in 2018 13th International Conference on Computer Science & Education (ICCSE), 2018, pp. 1-6.

H. Gunawan and E. A. Kadir, "Integration protocol student academic information to campus RFID gate pass system," in 2017 4th International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), 2017, pp. 1-6.

P. Dȩbiec, "Effective Learner-Centered Approach for Teaching an Introductory Digital Systems Course," IEEE Transactions on Education, vol. 61, no. 1, pp. 38-45, 2018.

M. M. Islam, M. K. Hasan, M. M. Billah, and M. M. Uddin, "Development of smartphone-based student attendance system," in 2017 IEEE Region 10 Humanitarian Technology Conference (R10-HTC), 2017, pp. 230-233.

W. T. Tarimo and T. J. Hickey, "Fully integrating remote students into a traditional classroom using live-streaming and TeachBack," in 2016 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 2016, pp. 1-8.

K. C. Wei, M. M. Singh, and H. M. B. Osman, "Near Field Communication Interactive Learning System (NILES) for Blended Learning: A Pervasive Social Networking Services," in 2017 Palestinian International Conference on Information and Communication Technology (PICICT), 2017, pp. 71-77.

E. A. Kadir, S. L. Rosa, and H. Gunawan, "Application of RFID technology and e-seal in container terminal process," in 2016 4th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT), 2016, pp. 1-6.

Downloads

Published

2019-07-23

How to Cite

Rosa, S. L., & Kadir, E. A. (2019). Absensi Online Untuk Ruang Kelas Berbasis Cloud Computing. IT Journal Research and Development, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).3363

Issue

Section

Articles