Implementasi Leap Motion Controller pada Aplikasi Pengenalan Tata Surya

Authors

  • Keken Melfasoni Politeknik Caltex Riau
  • Anggy Trisnadoli Politeknik Caltex Riau
  • Ibnu Surya Politeknik Caltex Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).2676

Keywords:

Leap Motion, Tata Surya, Unity

Abstract

Metode pembelajaran diterapkan saat ini kebanyakan masih bersifat manual salah satunya materi tentang sistem tata surya. Sulitnya media pembelajaran yang sekarang masih bersifat manual salah satunya seperti gambar-gambar dibuku membuat siswa sulit untuk memahami materi dan membayangkan keberadaan sistem tata surya yang dipelajari. Untuk memudahkan dalam pemahaman materi, maka dibangunlah aplikasi pengenalan tata surya sebagai alternatif media pembelajaran bagi siswa sekolah dasar yang dimana di implementasikan menggunakan Leap Motion. Leap Motion adalah alat sensor perangkat keras komputer yang mendukung gerakan tangan dan jari manusia di udara lalu dijadikan masukkan agar dapat diproses oleh program komputer. Aplikasi pengenalan tata surya dibangun menggunakan aplikasi Unity dan Blender dengan menyajikan pembelajaran tata surya dengan objek 3D. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa keseluruhan fungsi yang terdapat pada aplikasi pengenalan tata surya sudah sesuai 100% dengan output yang diharapkan. Kemudian didapatkan bahwa Leap Motion dapat mendeteksi tangan pengguna pada rentang 7-50 cm untuk jarak tangan pengguna secara vertikal, rentang 0-40 cm untuk jarak sisi kiri dan kanan Leap Motion, rentang 0-30 cm untuk jarak sisi depan dan belakang Leap Motion, dan terdapat cahaya. Lalu pada pengujian menggunakan Paired Sample t-Test diperoleh bahwa terdapat kenaikan nilai pengerjaan soal latihan oleh siswa sebesar 33.75% setelah menggunakan aplikasi pengenalan tata surya yang berarti bahwa aplikasi pengenalan tata surya memberikan pengaruh terhadap nilai siswa dan memahami konsep pembelajaran dengan menggunakan aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. T. Susilo, "Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk SIswa SD Berbasis Android," Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2013.

D. Hariadi, "Pembelajaran Sistem Tata Surya Berbantuan Komputer," Bandung, Universitas Komputer Indonesia, 2010.

E. Pertiwi, "Pengembangan Multimedia Interaktif (MMI) Tutorial Dalam Pembelajaran Materi Optika Geometri," Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2013.

Haryanto, Sains Jilid 6 untuk Kelas VI, Jakarta: Erlangga, 2012.

M. Azam, Akrab dengan Dunia IPA 6 untuk kelas IV SD dan MI, Surakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2015.

T. L. Vertika, "Implementasi Leap Motion Controller pada Aplikasi Pengenalan Planet," Universitas Gunadarma, Depok, 2014.

H. Satria, "Implementasi Leap Motion Controller pada Aplikasi Pengenalan Hewan," Universitas Gunadarma, Depok, 2014.

A. W. Putra, "Leap Motion – Mengendalikan Dengan Gerakan Tangan Di Udara," 2014. [Online]. Available: http://gadgetren.com/2014/06/01/leap-motion-mengendalikan-komputer- dengan-gerakan- tangan-di- udara/. [Accessed 14 Mei 2017].

F. L. Nainggolan, "Anatomi Manusia Berdimensi Tiga menggunakan Leap Motion Controller," Universitas Sumatera Utara, Medan, 2015.

P. Moore, "Philip’s Astronomy Encyclopedia," London, Philip’s, 2002.

M. V. Canneyt, "Programming with the leap motion," Free Pascal, German, 2013.

Unity, "Unity-Game Engine," [Online]. Available: https://unity3d.com/. [Accessed 16 Mei 2017].

HermanClass, "Unity 3D – Game Engine," [Online]. Available: http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/. [Accessed 14 Mei 2017].

Universe Today, "Some Of The Best Pictures Of The Planets In Our Solar System," [Online]. Available: https://www.universetoday.com/38068/pictures-of-the-planets/. [Accessed 14 Mei 2017].

Ilmu Geografi, "Sistem Tata Surya dan Planet-Planet," 2015. [Online]. Available: http://ilmugeografi.com/astronomi/sistem-tata-surya/amp. [Accessed 16 Mei 2017].

UNAWE Indonesia, "Gerhana Matahari Total dan Bagaimana Mengamati dengan Aman," UNAWE Indonesia, Lembang, 2016.

NASA, "Galleries - NASA Solar System Exploration," [Online]. Available: https://solarsystem.nasa.gov/galleries/. [Accessed 14 Mei 2017].

Blender, "About - blender.org," [Online]. Available: https://www.blender.org/about/. [Accessed 14 Mei 2017].

Downloads

Published

2019-08-15

How to Cite

Melfasoni, K., Trisnadoli, A., & Surya, I. (2019). Implementasi Leap Motion Controller pada Aplikasi Pengenalan Tata Surya. IT Journal Research and Development, 4(1), 40–45. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol4(1).2676

Issue

Section

Articles