Proses Review

IT Journal Research and Development mewajibkan Penulis harus mempresentasikan makalah mereka dengan jujur ​​tanpa pemalsuan, plagiarisme atau manipulasi data yang tidak tepat. Makalah yang diserahkan kepada tim ITJRD dievaluasi oleh para reviewer untuk kontribusi, orisinalitas, relevansi, dan presentasi. Editor akan memberi tahu Anda tentang hasil peninjauan sesegera mungkin, dalam rentang waktu 8 hingga 10 minggu.

Jurnal ITJRD menggunakan kebijakan "Double Blind Review Policy" di mana nama reviewer selalu disembunyikan dari penulis yang mengirimkan paper. Makalah akan dikirim untuk dilakukan revisi oleh minimal dua reviewer yang akan menjadi anggota Dewan Editorial atau orang lain yang memiliki kedudukan serupa. Untuk mempersingkat proses peninjauan dan menanggapi penulis dengan cepat, Editor dapat melakukan triase pengiriman dan mengambil keputusan tanpa mengirim kertas untuk tinjauan eksternal. Keputusan Editor adalah final dan tidak ada korespondensi yang dapat dimasukkan ke dalam manuskrip yang dianggap tidak sesuai untuk publikasi dalam buku ini. Semua korespondensi, termasuk pemberitahuan dari keputusan Editor dan permintaan untuk revisi, akan dikirim melalui email. Agar diterima, sebuah artikel harus melewati kondisi peer-review berikut : 

1. Manuskrip hanya dikirim melalui pengiriman online. Semua penulis harus mendaftar atau login terlebih dahulu sebelum mengirimkan manuskrip.

2. Paper/ Tulisan harus mengikuti pedoman naskah ITJRD

3. Manuskrip harus disetujui oleh kepala editor ITJRD     

4. Manuskrip akan ditinjau oleh reviewer setelah keputusan persetujuan oleh kepala editor

5. Editor jurnal akan membuat keputusan (Diterima / Revisi yang diperlukan / Ditolak) untuk naskah mengingat rekomendasi reviewer.