Panduan Penulis

  1. Naskah merupakan tulisan asli yang belum pernah dipublikasikan oleh media manapun. Naskah yang ditulis untuk ITJRD merupakan karya ilmiah lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka di bidang teknik informatika. Naskah ini ditulis pada kertas ukuran A4 dengan batas margin Top: 4 cm, Bottom: 3cm, Left: 4cm, dan Right: 3cm, kolom tunggal. Font yang digunakan adalah Times New Roman, ukuran 11 pts, spasi tunggal. Penomoran halaman berada dipojok kanan atas. Naskah dikirimkan melalui email ke alamat: itjrd@journal.uir.ac.id.
  2. Identitas penulis harus dicantumkan di bawah judul meliputi nama lengkap tanpa gelar akademik, nama institusi, alamat institusi, dan mencantumkan media yang dapat diakses secara international (tel/fax/email). Dalam hal naskah ditulis oleh tim, redaksi ITJRD hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama.
  3. Sistematika penulisan adalah: Judul, identitas penulis, Abstract (ver. Inggris), Abstrak (ver. Indonesia), Pendahuluan; Metodologi Penelitian; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan; Saran; Ucapan Terima Kasih(jika perlu); Daftar Pustaka.
  4. Pendahuluan menguraikan latar belakang dan tujuan penelitian, ulasan penelitan yang pernah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yang relevan dengan penelitian yang dilakukan.
  5. Metode Penelitian (bisa meliputi analisa, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi). Pada setiap paragraph bisa terdiri dari beberapa sub paragraph yang dituliskan dengan penomoran angka arab.
  6. Hasil dan Pembahasan berisi pembahasan terhadap hasil penelitian dan pengujian yang diperoleh disajikan dalam bentuk uraian teoritik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil percobaan sebaiknya ditampilkan dalam berupa grafik ataupun tabel. Setiap gambar dan tabel diberi penomoran. Perujukan gambar dan tabel menggunakan penomoran.
  7. Kesimpulan harus mengindikasi secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering. Saran-saran untuk penelitian lebih lanjut untuk menutup kekurangan penelitian
  8. Penulis mengucapkan terima kasih kepada (pihak pemberi dana) yang telah memberi dukungan financial terhadap penelitian ini. (Penjelasan ini dibuat jika penelitian ini mendapatkan pendanaan dari pihak lain)
  9. Naskah disajikan menggunakan penomoran untuk bab dan sub bab. Naskah disajikan dengan format essay dan tidak enumeratif.
  10. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama, tahun).
  11. Daftar Pustaka diurutkan secara alphabet dan kronologis, dengan menyertakan penomoran. Contoh:[1]Castleman, Korn., 2004, Digital Image Processing, Vol. 1, Ed.2,  Prentice Hall, New Jersey.
  1. Naskah akan ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewer) yang ditunjuk oleh redaksi menurut kepakarannya. Penulis naskah diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan naskah atas dasar rekomendasi/saran dari reviewer atau redaksi. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis via e-mail.
  2. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis naskah, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis naskah tersebut.
  3. Template ITJRD bisa download disini.