PENERAPAN MODEL KOOPERATIF DENGAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII5 SMP NEGERI 22 PEKANBARU

Authors

  • aulia sthephani Universitas Islam Riau

Keywords:

Pembelajaran kooperatif, teknik quick on the draw, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII5 SMP Negeri 22 Pekanbaru pmelalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Quick On The Draw. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII5 SMP N 22 Pekanbaru tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik pengamatan dan teknik tes. Analisis data hasil penelitian secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan pengamatan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung, aktivitas dan interaksi siswa dalam kelompok sangat baik, siswa lebih bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan berdasarkan ketercapaian KKM hasil belajar matematika siswa menunjukan peningkatan siswa yang mencapai KKM dibandingkan hasil belajar pada materi pokok sebelumnya. Hal ini dapat terlihat dari siswa yang mencapai KKM pada UH I 55,56% dan UH II 63,89% sedangkan pada materi sebelumnya siswa yang mencapai KKM 47,22%. Sedangkan yang menjadi kendala dan hambatan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Quick On The Draw di kelas VII5 SMP N 22 Pekanbaru adalah kurangnya memperhitungkan waktu oleh peneliti sehingga ada pelaksanaan tindakan yang tidak dapat terlaksanakan dengan baik, adapun siswa yang belum terbiasa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Quick On The Draw.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-24

Issue

Section

Articles