Kooperatif Tipe NHT

Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP

  • rose pelita rose pelita Universitas Islam Riau
  • Alzaber - -
  • Fitriana - Yolanda

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan  motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Tunas Bangsa melalui penerapan Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Tunas Bangsa yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan lembar angket motivasi belajar matematika siswa. Angket motivasi belajar dibagi sebanyak tiga kali yakni sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket motivasi secara keseluruhan didapat motivasi siswa sebelum tindakan adalah 52,16% sedangkan setelah motivasi siklus I adalah 61,89% dan setelah siklus II adalah 77,7%. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat memperbaiki proses belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Tunas Bangsa Pekanbaru.

Published
2019-08-28
How to Cite
ROSE PELITA, rose pelita; -, Alzaber -; YOLANDA, Fitriana -. Kooperatif Tipe NHT. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 49-56, aug. 2019. ISSN 2621-1270. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/3251>. Date accessed: 22 oct. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.