Kooperatif Tipe NHT

Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP

Authors

  • rose pelita rose pelita Universitas Islam Riau
  • Alzaber - -
  • Fitriana - Yolanda

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, NHT, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan  motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Tunas Bangsa melalui penerapan Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Tunas Bangsa yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan lembar angket motivasi belajar matematika siswa. Angket motivasi belajar dibagi sebanyak tiga kali yakni sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket motivasi secara keseluruhan didapat motivasi siswa sebelum tindakan adalah 52,16% sedangkan setelah motivasi siklus I adalah 61,89% dan setelah siklus II adalah 77,7%. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat memperbaiki proses belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Tunas Bangsa Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-08-28

Issue

Section

Articles