Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPIT
Keywords:
Eksperimen, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran KontekstualAbstract
Hasil belajar matematika siswa pada kenyataannya masih mengalami masalah, rendahnya hasil belajar siswa menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk terus melaukan inovasi dalam pembelajaran. Sehingga peneliti melakukan penelitian untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa SMPIT pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan metode eksperimen semu dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Desain dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPIT Aiziyyah Pekanbaru. Sampel dipilih dengan teknik sampling purposive sehingga terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang dianalisis menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial Berdasarkan hasil analisis deskiptif diperoleh rata-rata hasil belajar post-test siswa kelas eksperimen (VIII.1) = 68,41 dan kelas kontrol (VIII.2) = 54,04. Selanjutnya berdasarkan analisis data uji-t diketahui bahwa dengan taraf α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran kontekstual lebih besar dari hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Hal ini juga berarti terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPIT Aziziyyah pekanbaru.