Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA

  • dita dinda ashifa universitas islam riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi matriks. Penelitian dimulai tanggal 17 September 2018 sampai 2 Oktober 2018. Bentuk penelitian adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian Nonrandomized Control Groub Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA yang berasal dari dua kelas pada salah satu SMA Negeri di Rokan Hulu. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling, sehingga dipilih kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama yaitu 27 orang siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan teknik pengamatan. Hasil tes dianalisis untuk melihat hasil belajar matematika siswa melalui analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Lembar pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui strategi belajar aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH). Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa menunjukkan adanya peningkatan yang lebih baik pada proses pembelajaran.

Published
2019-08-28
How to Cite
ASHIFA, dita dinda. Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 25-33, aug. 2019. ISSN 2621-1270. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2673>. Date accessed: 22 oct. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.