Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

  • dede nani Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan Self Efficacy matematika serta hasil belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP Muhammadiyah  2 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dimulai 04 September sampai dengan 18 Oktober 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan sebanyak dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar pengamatan, tes hasil belajar, dan lembar angket Self Efficacy.  Teknik pengumpulan data berupa teknik tes hasil belajar, teknik pengamatan, dan teknik angket. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil belajar dan hasil angket Self Efficacy matematika siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat peningkatan proses pembelajaran dilihat dari lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (2) terjadi peningkatan Self Efficacy Matematika siswa yang cukup baik dilihat dari kategori Self Efficacy Matematika siswa; (3) peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu pada skor dasar (44,75), UH 1 (46,87), dan UH 2 (63,67). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan Self Efficacy matematika serta hasil belajar matematika siswa kelas VII-2 SMP Muhammadiyah.

Published
2019-09-11
How to Cite
NANI, dede. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 57-65, sep. 2019. ISSN 2621-1270. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2669>. Date accessed: 22 oct. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.