Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar
Keywords:
Kuliner Melayu Riau, Pendekatan Matematika RealistikAbstract
Dengan mengaitkan kuliner Melayu Riau dalam pembelajaran matematika membuat peserta didik dapat mengetahui budaya melayunya sendiri, sehingga terwujudnya visi misi Riau dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yakni berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar yang teruji kevalidan dan kepraktisannya. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian menggunakan metode R&D yang telah dimodifikasi peneliti yang terdiri dari (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Uji coba dilakukan terhadap 22 orang siswa Sekolah Dasar. Dari hasil penelitian diperoleh kevalidan terhadap RPP dan LAS memiliki kriteria cukup valid dan kepraktisan terhadap RPP dan LAS memiliki kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (PMR) berbasis kuliner Melayu Riau di sekolah dasar yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.