Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman

Sebuah Studi Pengembangan Model Problem-Based Learning

  • Nurmala Sari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UIR
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
  • Rezi Ariawan Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Keislaman yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan yang mana perangkat pembelajaran ini akan menjadikan siswa mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan keislaman. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Keislaman. Pengembangan perangkat pembelajaran  dalam penelitian ini menggunakan modifikasi  R&D dari Sugiyono sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validitas desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; dan (8) Produk akhir. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas VII SMP. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LKPD dengan Terintegrasi Keislaman, angket kepraktisan RPP dan LKPD dan angket keterlaksanaan pembelajaran yang Terintegrasi keislaman. Terintegrasi keislaman yang dimaksud dalam penelitian pengembangan ini dengan memasukkan pengetahuan tentang islam seperti: nama-nama tokoh-tokoh  dalam islam. Dari penelitian diperoleh hasil validasi RPP dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil validasi LKPD dengan kriteria kevalidan cukup valid. Sedangkan hasil kepraktisan RPP dengan kriteria sangat praktis dan hasil kepraktisan LKPD diperoleh dari angket respon siswa dengan kriteria sangat praktis, serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi keislaman pada materi Himpunan kelas VII SMP teruji kelayakannya.


 

Published
2019-08-21
How to Cite
SARI, Nurmala; REZEKI, Sri; ARIAWAN, Rezi. Materi Himpunan Terintegrasi Keislaman. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 10-17, aug. 2019. ISSN 2621-1270. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2658>. Date accessed: 22 oct. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.