Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Pekanbaru
Keywords:
Model Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Matematika, Quasi EksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pekanbaru pada materi segiempat. Penelitian ini dimulai tanggal 27 Maret sampai 03 Mei 2018.
Bentuk penelitian adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pekanbaru. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling. Kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dengan 42 orang siswa dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol dengan 40 orang siswa. Instrumen pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar matematika siswa yang akan dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial.
Analisis statistik deskriptif aspek pengetahuan, rata-rata hasil belajar meningkat yaitu kelas eksperien dengan dan kelas kontrol dengan 62,25. Analisis statistik inferensial data post-test pada aspek pengetahuan diperoleh = dan sehingga berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pekanbaru.