Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII A4 MTs Darul Hikmah Pekanbaru

Authors

  • tiara anggraini FKIP Matematika UIR
  • Zulkarnain - UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Indah Widiati UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Keywords:

Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah di kelas VIII A4  MTs Darul Hikmah Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016 pada Kompetensi Dasar Relasi dan Fungsi. Subjek penelitian ini berjumlah 36 orang peserta didik dengan 36 orang peserta didik perempuan dengan kemampuan heterogen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Adapun instrumen Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu Perangkat Pembelajaran yang terdiri dari Silabus, RPP dan LKS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan akan dianalisis secara deskriptif naratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas peserta didik dan guru selama  proses  pembelajaran  berlangsung,  sedangkan  tes  hasil  belajar  akan  dianalisis  dengan analisis Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis nilai rata-rata, untuk mengetahui ada atau  tidaknya  peningkatan hasil belajar  peserta  didik sebelum dan sesudah penerapan   model pembelajaran berdasarkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIIIA4  MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Hal tersebut juga terlihat pada analisis rata-rata hasil belajar peserta didik pada skor dasar, ulangan harian I dan ulangan harian II. Dimana nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada skor dasar adalah 44,4% sedangkan pada ulangan harian I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 55,5% serta pada ulangan harian II nilai rata-rata   hasil belajar peserta didik 72,2%. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas VIIIA4  MTs Darul Hikmah Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-02-21

Issue

Section

Articles